Kami menggunakan cookie untuk kenyamanan akses Website. Harap memberikan konfirmasi bila Anda menyetujui penggunaan cookie.


lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Kerja Indonesia | IndoJobNet.Com Login

Alasan CV Harus Dibuat, dan Harus Sebagus Mungkin (Isi serta Formatnya)

Dipasang: 14-08-2019
Salah seorang sahabat saya kebetulan bekerja di bagian Human Resource. Karena tempat kerjanya adalah perusahaan besar di Indonesia, banyak sekali lamaran dari calon karyawan atau pelamar kerja yang harus diprosesnya. Ia harus men-sortirnya, dan bila sudah ada beberapa yang cukup layak untuk di-interview, akan diserahkannya ke staf yang bertugas mewawancara kandidat.

Dari rutinitasnya men-sortir lamaran dan CV, ia membagikan pengalamannya kepada saya. Katanya, sebuah CV bisa berakhir :
1. Di tangan pewawancara (kandidat akan dipanggil interview), atau
2. Di folder/lemari arsip (kandidat belum cocok untuk saat ini, mungkin berpotensi dipanggil wawancara kelak), atau
3. Di tempat sampah (samasekali tak berpotensi, hopeless, samasekali tidak bagus CV-nya)

Yang membedakan nasib CV di atas, menurut sahabat saya ada 3 hal yaitu :

1. Format / tampilan CV
Seringkali kandidat / calon karyawan membuat CV asal-asalan. Kalau sebuah CV terlihat asal buat, acak-acakan penampilannya, sudah pasti akan lebih dulu tersingkir. Demikian juga CV yang "overdesigned" atau tampilannya terlampau ramai / "alay" / meriah, biasanya akan disingkirkan lebih dahulu oleh staf HRD, walau isi CV-nya pun belum dibaca.

Urutan-urutan penulisan data di dalam CV juga menjadi perhatian. Sebagai contoh, di bagian awal tentu penting untuk menampilkan data pribadi dan kontak (nama,  alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi). Untuk memudahkan pewawancara nantinya, riwayat kerja dan riwayat pendidikan sebaiknya disajikan berurutan dari yang terkini hingga yang paling lampau.

2. Isi
Bila format tampilan CV sudah cukup bagus dan memadai, Selanjutnya isi CV juga sangat berpengaruh pada lolos tidaknya kandidat nantinya. Kualifikasi yang dicantumkan oleh kandidat di dalam CV tentu saja harus sesuai dengan posisi yang dilamar. Kejujuran kandidat dalam mencantumkan kualifikasi sesuai apa adanya juga sangat perlu diperhatikan. Terkadang ada kandidat yang berbohong dengan melebih-lebihkan kualifikasinya, namun hal ini akan ketahuan juga pada saat wawancara.

Isi yang dicantumkan di dalam CV sangat penting. Harus ada riwayat pekerjaan, riwayat pendidikan, pencapaian-pencapaian, sertifikasi maupun hal-hal lain yang bisa mendukung. Hal-hal yang tidak terkait, tidak perlu dicantumkan misalnya hobby atau aktivitas yang tidak terkait dengan lowongan yang dilamar.

3. Bahasa
Bahasa di dalam CV adalah hal penting, karena menunjukkan tingkat intelegensia calon karyawan (bila dia yang menyusun CVnya sendiri / tidak dibuatkan oleh orang lain). Susunan kalimat harus mengikuti kaidah bahasa Indonesia yang baik. Singkatan atau jargon / istilah bahasa yang tidak lumrah atau berlebihan perlu dihindari.

Hal lain yang juga mengganggu adalah CV dalam bahasa Inggeris. Seringkali CV bahasa Inggeris adalah "terjemahan" dari CV bahasa Indonesia. Padahal pola susunan kalimat bahasa Inggeris berbeda dengan pola susunan kalimat bahasa Indonesia. Jadi CV bahasa Inggeris tidak bisa murni terjemahan dari CV bahasa Indonesia. Kandidat akan menjadi bahan tertawaan bila kalimat CV bahasa Inggerisnya aneh, rancu, atau bahkan menimbulkan salah arti.

Bila perlu CV bahasa Inggeris sedangkan tidak menguasai bahasa Inggeris dengan baik, lebih baik kandidat meminta bantuan teman atau konsultan yang biasa membuatkan CV dalam bahasa Inggeris.

Kesimpulan dari sharing dengan sahabat saya adalah bahwa CV harus dibuat sebagus mungkin formatnya dan sebaik mungkin isi serta bahasanya. Bagi staff HRD Perusahaan,  CV adalah "jendela" untuk menilai kualitas kandidat. Sedangkan bagi kandidat, CV adalah "media promosi" untuk mengiklankan kualitas dan kemampuannya.

Masih belum punya CV ? Atau mau ganti CV ?
Anda bisa membuat sendiri CV standard (bahasa Indonesia) melalui link https://www.indojobnet.com/createcv/form.php

Untuk pembuatan CV non-standard / customized yang jauh lebih bagus format dan susunannya, disesuaikan dengan kualifikasi Anda, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggeris, silakan menghubungi melalui email buatkancv@indojobnet.com dengan mencantumkan subject email "Buatkan CV atas nama <nama_Anda>".

(adw)

Lihat Semua Artikel