Kami menggunakan cookie untuk kenyamanan akses Website. Harap memberikan konfirmasi bila Anda menyetujui penggunaan cookie.


lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Kerja Indonesia | IndoJobNet.Com Login

Tanda-tanda Tempat Kerja dengan Aura Positif

Dipasang: 01-07-2019
Apakah perusahaan tempat kerja Anda bekerja memiliki aura yang positif ?

Saya sudah berpindah tempat kerja hingga 8 kali. Mungkin sebagian orang akan memberikan cap 'kutu loncat', tetapi saya memiliki alasan tersendiri setiap  kali memilih tempat kerja yang baru. Tidak selalu mengenai gaji atau fasiitas, tetapi terkadang tentang suasana dan pola hubungan dengan sesama rekan kerja.

Dari pengamatan saya, ada tempat kerja sebelumnya yang enak sekali pertemannanya, komunikasinya, suasana, bahkan perlakuan atasan kepada bawahan sehingga saya betah dan merasa berat ketika harus pindah (yang ini pindah karena alasan gaji dan karirer). Namun sempat juga saya bekerja di perusahaan yang suasananya kurang menyenanngkan : penuh prasangka buruk dari atas ke bawahan, saling menyalahkan dengan sesama rekan kerja, penuh aturan dan penalti yang sepertinya tidak masuk akal bagi karyawan. Pokoknya suasana, auranya negatif sekali. Rasanya bila pagi berangkat ke kantor, malas dan berat hati.

Tentu setiap orang ingin bekerja ditempat kerja yang ideal : gaji bagus, karier cepat menanjak, dihargai, suasana kerja menyenangkan dan seterusnya. Pokoknya tempat kerja yang punya aura positif.

Aura positif ? Ini sulit dijelaskan, tetapi Anda mungkin bisa meneliti aura perusahaan tempat kerja Anda saat ini, apakah ber-aura positif atau negatif. Kalau negatif ? Ya keputusan Anda sendiri, apakah bisa mengatasi suasana dan aura itu (dan perasaan stress setiap saat), atau lebih baik pindah ke tempat baru yang lebih baik suasananya.

Berikut ini adalah beberapa ciri tempat kerja yang memiliki suasana dan aura positif :

1. Nilai/Value Perusahaan yang Positif
Biasanya perusahaan yang baik memiliki visi, misi dan nilai/value yang positif. Nilai/value yang positif ini merupakan komitmen perusahaan kepada customer, perusahaan dan pemegang sahamnya,  misalnya "Integrity", "Customer Excellence", "Trust", dan lain-lain. Dengan adanya nilai/value ini maka semua pihak terkait di perusahaan akan berlaku sesuai dengan nilai/value yang dicanangkan oleh perusahaan.

2. Suasana Kerja yang Santai namun tetap Produktif
Karyawan datang ke kantor bila suasananya menyenangkan, dihargai oleh atasan maupun kolega kantor, tanpa adanya rasa takut karena ancaman hukuman (telat datang, diskors, denda bila salah melakukan proses, dipecat, dan lain-lain), Dalam suasana menyenangkan seperti ini akan muncul kreatifitas, produktivitas, inovasi, solusi dan pemikiran yang "revolusioner", yang akan membantu perusahaan lebih cepat berkembang dan lebih profitable.

3. Komitmen pada Kesempurnaan
Atmosfir yang diciptakan adalah suasana dimana karyawan berlomba-lomba untuk memberikan kontribusinya yang terbaik, menghasilkan produk dannjasa yang berkualitas paling prima. Setiap orang melakukan pekerjaan dan memberikan keputusan yang terbaik..

4. Kejujuran dan Keterbukaan
Setiap orang berbicara jujur dan terus teratng, tidak ada yang disembunyikan. Semua masalah pekerjaan diselesaikan dengan cara positif, tidak ada kecurangan, balas dendam, maupun feedback yang negatif. Setiap feedback selalu dikemukakan dengan cara yang baik, dan dinilai serta diperlakukan secara positif sebagai kesempatan untuk memperbaiki perusahaan.

5. Kerjasama, Dukungan, dan Pemberdayaan
Setiap orang bekerjasama, bekerja lebih dari target yang seharusnya, dan setiap pihak selalu saling memberikan dukungan semaksimal mungkin. Setiap orang diberikan pemberdayaan, agar bisa tumbuh dan berkembang bersama perusahaan.

6. Rasa Humor
Karyawan bisa bekerja tanpa suasana yang terlalu serius, apalagi stress. Setiap saat bisa muncul celetukan atau humor ringan, yang dapat membuat karyawan tersenyum, tertawa, sehingga meredakan tensi pekerjaan karena dikejar target.

7. Rasa Hormat, Saling Memahami dan Saling Menghargai
Ketika karyawan dalam suasana yang tidak menguntungkan seperti sakit, mengalami kecelakaan, atau musibah yang tidak dikehendaki, atasan, manajemen dan sesama karyawan dapat mengerti dan memahami situasinya. Pekerjaannya pun dapat ditangani sementara oleh karyawan yang lainnya. Dengan perlakuan baik seperti ini, maka karyawan akan bersedia bekerja sebaik-baiknya untuk perusahaan, dan membantu sesama karyawan lain yang juga mengalami musibah.

8. Fleksibilitas
Selalu ada perubahan dalam pekerjaan seiring berkembangnya jaman. Teknologi dan trend  kehidupan memerlukan pengetahuan dan ketrampilan yang baru. Setiap karyawan tahu bahwa mereka harus berubah, harus fleksibel agar tidak tertinggal kemajuan dan tersingkir dari persaingan kerja.

9. Pemberdayaan yang Positif
Kepada setiap karyawan selalu ada penghargaan, pujian, reward, bonus, kenaikan gaji, promosi ke jabatan lebih tinggi, sertifikat penghargaan dan lain-lain. Semua ini membuat karyawan senang karena merasa kontribusinya bermanfaat dan dihargai perusahaan.

10. Memberikan Benefit Kesehatan, Keluarga dan Lingkungan yang Terbaik
Biasanya perusahan yang baik tidak pelit memberikan benefit perawatan kesehatan untuk karyawan dan keluarganya. Terkadang kepada karyawan diberikan juga benefit membership di pusat kebugaran, acara gathering seluruh karyawan dan keluarganya secara periodik, pemberian beasiswa, dan lain-lain.


Itulah ciri-ciri tempat kerja yang bersuasana atau aura positif. Secara singkat, tempat kerja dengan aura positif mendorong Anda untuk meningkatkan produktivitas, kesempurnaan kerja, dan hubungan antar personal.

Nah, bagaimana dengan Anda sekarang ? Masih akan stay di tempat kerja sekarang, atau ada rencana mencari tempat kerja baru yang lebih positif suasananya ?

(sumber:monster.com)

(adw)
 

Lihat Semua Artikel