Kami menggunakan cookie untuk kenyamanan akses Website. Harap memberikan konfirmasi bila Anda menyetujui penggunaan cookie.


lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Kerja Indonesia | IndoJobNet.Com Login

6 TIPS CV AGAR ANDA LAYAK DIPANGGIL INTERVIEW

Dipasang: 15-03-2019
Anda mungkin memiliki pendidikan yang cukup tinggi atau bahkan lulusan luar negeri, dan pengalaman juga segudang. Namun tanpa CV dengan konten dan penyajian yang baik, Anda akan diabaikan oleh Perusahaan tempat Anda melamar kerja.

Berikut ini tips agar CV Anda lebih bernilai dan diperhatikan dibandingkan pencari kerja lain :

1. Berikan Ringkasan profil Anda.
Cantumkan profil Anda secara jelas dan ringkas, untuk memberikan gambaran latar belakang profesional Anda dan apa saja yang Anda sukai. Hal ini akan membuat CV menjadi lebih manusiawi sehingga HRD bisa terhubung dengan kamu pada tingkat yang lebih dalam.

2. Buang Informasi yang berlebihan atau tidak perlu.
Bila pengalaman Anda 15 tahun atau lebih, tidak perlu menuliskan semuanya sampai detil. Buat agar tetap ringkas, sederhana, namun relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Cobalah berpikir dari sudut pandang HRD yang akan membaca CV Anda. (Apakah CV ini menarik atau membosankan ? Apakah bagian CV ini perlu dan relevan ? Jika tidak, hapus saja.). Gunakan bahasa yang sederhana, jauhi istilah asing atau istilah teknis yang membingungkan seperti "hard working", "deadline oriented", dan lain-lain.

3. Cantumkan Prestasi Pengalaman Kerja yang Jelas dan Spesifik
Jangan hanya menggunakan kata-kata “mengelola”, “mengkoordinasikan” atau kata lain yang umum. Cantumkan kata kerja yang kuat seperti “memprakarsai”, “mempelopori”, “mengawasi”, dan cantumkan pencapaian Anda secara spesifik. Misalnya "mencapai 120 % target penjualan setahun" atau "menyelesaikan proyek 3 bulan lebih awaldari deadline yang ditetapkan". Ini akan memberikan kesan kuat bahwa Anda punya prestasi bagus.

 
4. Tunjukkan Kepribadian di dalam CV
HRD selalu mencari petunjuk mengenai kepribadian calon karyawan melalui CV, disamping kemampuan dan pengalaman lain seperti bakat artistik, bakat kewirausahaan atau sesuatu yang lain.


5. Gunakan format CV yang enak dibaca
Jangan menggunakan format yang ruwet atau susah dibaca, kalimat terlampau panjang, warna-warni yang tidak perlu, ukuran huruf dan spasi yang tidak enak dilihat, dan lain-lain.

Kelayakan untuk dibaca merupakan faktor penting yang bisa membuat pembaca tetap membaca. Kamu harus membuat CV semudah mungkin untuk diarahkan – saat membuat kesan positif pengalaman membaca sama pentingnya dengan kualitas isi.

6. Hindari kesalahan ejaan, kesalahan bahasa, dan kesalahan kalimat
Periksalah seluruh ejaan, jangan sampai ada salah ketik. Gunakan bahasa yang baku, bukan bahasa gaul. Bila menggunakan bahasa Inggeris, pastikan kalimatnya adalah kalimat bahasa Inggeris (bukan bahasa Inggeris ala Indonesia). Jika perlu, gunakan jasa penterjemah Indonesia-Inggeris yang baik atau minta bantuan rekan yang pandai berbahasa Inggeris.


Ingat bahwa CV Anda adalah jendela Anda, dan paspor Anda ke pintu ruangan HRD. Jika Anda membuat CV dengan benar, pintu HRD akan terbuka lebar, dan peluang mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan akan makin besar.

(adw)


 

Lihat Semua Artikel