Kami menggunakan cookie untuk kenyamanan akses Website. Harap memberikan konfirmasi bila Anda menyetujui penggunaan cookie.


lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Kerja Indonesia | IndoJobNet.Com Login

Karir di Simpang Jalan : Pindah atau Stay ?

Dipasang: 23-02-2017
Akan ada suatu saat dimana Anda merasa karir Anda 'mentok', 'mandek' atau terhenti, entah karena apa. Sudah berbulan-bulan (atau bertahun-tahun) bekerja, namun tidak naik jabatan juga. Gaji, mungkin naik sedikit atau malahan tidak naik. Apa yang salah dan bagaimana menyiasati kondisi seperti ini ?
 

Anda pasti geram sekali dengan kondisi semacam ini. Rasanya loyalitas dan prestasi Anda kurang dihargai. Kontribusi Anda sejak mulai masuk kerja di perusahaan ternyata tidak menghasilkan dengan nilai tambah ("kenaikan gaji dan jabatan") yang diharapkan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal semacam ini. Salah satunya adalah kondisi dan performa perusahaan. Bila Anda bekerja di perusahaan beromzet kecil, kebetulan performa perusahaan begitu-begitu saja, sulit bagi Anda untuk naik. Terkecuali bila superior / atasan Anda tiba-tiba pindah kerja dan perusahaan tidak merekrut penggantinya, karena Anda dinilai cukup mumpuni untuk menggantikannya. Tetapi bisa dikatakan untuk perusahaan kecil yang tidak berkembang, sulit buat Anda untuk mengharapkan kenaikan karir yang cepat di dalam perusahaan. Anda harus loncat ke perusahaan lain.

B
ila tempat bekerja Anda masih kecil, prospek berkembangnya cukup pesat, namun Anda belum naik-naik pangkat juga, mungkin ada yang salah dengan Anda atau atasan Anda atau pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan Anda. Bisa jadi Anda kurang atau dinilai kurang berprestasi dalam pekerjaan. Jadi harus bagaimana dalam keadaan ini ? Anda bisa tetap stay sambil berusaha meningkatkan (atau menunjukkan dan memamerkan kepada atasan) prestasi dan kemampuan kerja Anda. Pilihan ini berarti Anda harus stay sekurang-kurangnya 1 tahun ke depan, karena harus menunggu penilaian kerja reguler (biasanya tahunan). Anda juga bisa mencari kesempatan kerja di perusahaan lain, siapa tahu bisa langsung naik posisi di perusahaan lain ?

Kadang-kadang watak karyawan yang terlalu rendah hati dan tidak suka show off hasil kerjanya, juga bisa mengakibatkan karyawan tidak diprioritaskan untuk promosi. Anda harus pandai menunjukkan prestasi dan hasil kerja, namun tidak perlu menyombongkan diri ya. Pandai-pandailah mempromosikan diri, dengan strategi marketing diri yang tepat. Terlalu pendiam dan nrimo juga tidak baik untuk karir Anda. Atasan bisa terlewat tidak memperhatikan Anda, lebih memilih rekan Anda yang biasa-biasa saja namun lebih komunikatif dengannya. Anda pindah perusahaan lain juga pasti tidak banyak membantu. Lebih baik stay, sambil meningkatkan kemampuan komunikasi dan marketing diri Anda. Cobalah untuk lebih show off dan menunjukkan prestasi serta hasil kerja Anda kepada atasan.

Paling menyedihkan bila Anda memiliki atasan yang kurang perhatian kepada anak buah. Salah satu tugas atasan sebetulnya 'memasarkan' performa, kemampuan dan kinerja anak buahnya kepada atasannya yang lebih tinggi posisinya. Tujuannya supaya manajemen level atas mengetahui karyawan mana yang berprestasi dan layak diberikan promosi secepatnya. Kalau kondisinya begini, mau tidak mau Anda harus mem-'bypass' atasan Anda demi memasarkan diri Anda sendiri kepada atasan lebih tinggi. Mana tahu, Anda bisa langsung dipromosikan ke level lebih tinggi dari atasan Anda saat ini. Sekurang-kurangnya atas Anda dirotasi atau dipromosikan ke posisi lain, dan Anda bisa menggantikannya. Apakah lebih baik pindah saja ke perusahaan lain ? Bergantung kepada Anda. Bila Anda nilai pindah kerja memberikan jalan pintas yang lebih cepat ke posisi lebih tinggi, sebaiknya Anda pindah.
 

Peranan manajemen sumber daya manusia di perusahaan Anda juga sangat penting. Perusahaan yang baik biasanya mengelola karyawan dengan baik, memberikan pengembangan dan pelatihan, menyiapkan kaderisasi (talent management) dan suksesi jabatan sehingga jalur karir Anda jelas. Di perusahaan seperti ini, jika Anda tidak naik-naik pangkat berarti prestasi Anda dinilai hanya biasa-biasa saja dibandingkan yang lain, sehingga dianggap tidak layak untuk segera mendapat promosi. Pindah kerja saja ? Bisa saja Anda pindah dan mendapat posisi lebih tinggi, namun karir Anda bisa nyangkut dan berhenti lagi bila tidak merubah dan meningkatkan kinerja Anda. Sama saja, bila Anda stay maka Anda tetap harus melakukan perbaikan diri juga.

Bila manajemen sumber daya manusia di tempat kerja Anda lemah, maka peningkatan karir sulit dipastikan. Ada baiknya pindah ke perusahaan yang lebih memperhatikan nasib karyawannya. Bila Anda stay maka bersiaplah untuk sabar-sabar menanti sesuatu yang belum pasti. Terkecuali Anda pandai mendekati dan menyenangkan hati atasan Anda.

Jadi kembali ke pertanyaan awal : mau pindah atau stay ? Silakan memutuskan dengan baik-baik, sambil mempertimbangkan hal-hal di atas. Pilihan ada di tangan Anda, sukses juga ada di tangan Anda. Selamat meniti karir dan pastikan Anda memilih karir tercepat dalam hidup. (inp)

(Artikel ini disadur dari http://www.indorecruiter.com/id/content/karir-di-simpang-jalan-pindah-kerja-atau-stay)
 


 

Lihat Semua Artikel