Kami menggunakan cookie untuk kenyamanan akses Website. Harap memberikan konfirmasi bila Anda menyetujui penggunaan cookie.


lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Kerja Indonesia | IndoJobNet.Com Login

Pelajari Perusahaannya Sebelum Datang ke Interview

Dipasang: 09-09-2016
Sebuah email masuk ke Inbox, disusul dengan telepon dari staf HRD di ujung sana, mengundang Anda untuk datang interview pekan depan. Senangnya... Tapi apa yang selanjutnya harus dilakukan ?

Tentu saja Anda harus melakukan persiapan. Tidak banyak, tetapi termasuk : mempelajari lagi Curriculum Vitae, persiapan jawaban pertanyaan interview, setelan baju apa yang harus dipakai, rute ke tempat interview, perkiraan jam berapa harus berangkat dari rumah, dan yang pasti menjaga agar tubuh tetap bugar tidak sakit pada hari H. Haa .. banyak sekali. Ya, memang kelihatan banyak, tetapi semuanya pasti bisa dilakukan dengan cepat.

Satu hal yang sering terlupakan dalam proses persiapan adalah : mempelajari detil Perusahaan yang mengundang interview. Ya, tentu saja Anda sudah tahu nama perusahaannya, 'kan Anda mengirimkan lamaran kesana. Namun Anda perlu pelajari lagi : dimana lokasinya, apa jenis bisnisnya, ranking perusahaan di industri, ukuran perusahaan (jumlah karyawan, nilai penjualannya), apakah perusahaan untung atau rugi terus, dan lain-lain. Lho, apa gunanya mempelajari tetek-bengek seperti ini ? Begini, semuanya ini untuk membantu kelancaran Anda saat interview nanti. Berikut ini manfaatnya, untuk sekedar memberi pencerahan :

1. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, Anda lebih mantap dalam mengikuti interview. Bila Anda sudah tahu bahwa ini perusahaan yang kuat, tentu bekerja di situ akan memberikan penghasilan yang baik, karir yang mantap, lingkungan kerja yang menyenangkan, rute perjalanan pulang-pergi kantor yang tidak menyulitkan dan seterusnya.

2. Pada saat interview, pembicaraan akan 'nyambung' dengan peng-interview. Anda juga bisa mendapatkan kesempatan menanyakan informasi yang kurang jelas mengenai perusahaan.

3. Saat interview, Anda akan terlihat lebih antusias dan serius. Wawasan Anda mengenai perusahaan akan terlihat pada saat pembicaraan dengan pihak yang menginterview Anda.

4. Anda bisa mengira-ngira gaji di perusahaan tersebut, sehingga tidak kebingungan pada saat ditanya "Berapa gaji yang Anda minta ?".


Nah, mudah-mudahan Anda tidak segan-segan lagi untuk melakukan penelitian lebih dahulu sebelum berangkat mengikuti interview. Semoga sukses ... ! (adw)

Lihat Semua Artikel