Kami menggunakan cookie untuk kenyamanan akses Website. Harap memberikan konfirmasi bila Anda menyetujui penggunaan cookie.


lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Kerja Indonesia | IndoJobNet.Com Login

8 Strategi Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Dipasang: 07-08-2016
Mendapatkan pekerjaan idaman secepatnya adalah hal yang mudah, bila Anda mengetahui strateginya. Dengan melakukan langkah-langkah yang akan diuraikan berikut ini, mudah-mudahan Anda akan lebih cepat direkrut oleh Perusahaan dan mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan.

Artikel ini dikutip dari www.indorecruiter.com.
Jika berminta, Anda bisa mengunjungi website tersebut untuk mendapatkan tips membuat CV, Surat Lamaran, cara menghadapi interview, cara lulus dalam psikotest, atau strategi-strategi untuk meningkatkan karir dengan cepat.

Nah inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan :

1. Mencari info lowongan sebanyak-banyaknya.
Anda dapat mencari info tersebut dari suratkabar, majalah, atau internet. Anda juga dapat mengontak saudara, teman, atasan atau mantan atasan, rekan kerja atau mantan rekan kerja, dan semua kenalan yang Anda miliki, barangkali ada lowongan kerja yang mereka ketahui. Seringkali informasi lowongan hanya beredar justru melalui WhatsApp atau BBM. Lowongan di instansi pemerintah, misalnya, acapkali tidak muncul iklannya di surat kabar namun informasinya beredar melalui handphone.

2. Melamar sesuai minat dan latar belakang Anda.
Bila kebutuhan dan persyaratan lowongan kerja sesuai dengan pendidikan, pengalaman kerja, dan minat Anda, besar kemungkinan Anda akan dipertimbangkan untuk direkrut oleh Perusahaan yang Anda lamar. Jangan sembarangan atau coba-coba mengirimkan lamaran, karena akan sia-sia saja.  Paling-paling CV atau Surat Lamaran Anda akan berakhir di kotak sampah.

3. Membuat Curriculum Vitae dan Surat Lamaran yang baik dan menarik.
Ada salah satu hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa ternyata Curriculum Vitae dan Surat Lamaran hanya akan dilihat oleh staff HRD Perusahaan selama 10 detik atau kurang. Setelah itu, diputuskan "lanjut ke test / interview" atau "masuk kotak sampah". Jadi, CV dan Surat Lamaran Anda harus memberikan kesan baik dan menarik di awal. "Baik" dalam arti rapi, bersih, formatnya bagus, dan tidak ada kesalahan (salah ketik, salah bahasa dsb). "Menarik" dalam arti mengesankan pembacanya pada pandangan pertama.

4. Membuat Curriculum Vitae sesuai bahasa iklan lowongan kerja.
Bila iklan lowongan kerja ditulis dalam bahasa Indonesia, sebaiknya CV dan Surat Lamaran ditulis dalam bahasa Indonesia juga. Bila iklan lowongan kerja ditulis dalam bahasa Inggris, Anda tentu saja harus menulis CV dan Surat Lamaran dalam bahasa Inggris.
Nah, Anda juga harus memastikan, bila menggunakan bahasa Inggris maka pastikan bahwa kalimat di dalam CV dan Surat Lamaran Anda benar dan tidak menggunakan kalimat yang aneh.
Banyak kandidat membuat CV dan Surat Lamaran dengan tata bahasa dan susunan kalimat bahasa Inggris yang aneh bahkan menggelikan. Kesan yang didapatkan dari CV semacam ini tentu saja  kesan yang kurang profesional. Hampir pasti bahwa CV dan Surat Lamaran semacam ini akan tersisih dari seleksi.
Bila Anda sudah punya CV namun tidak yakin apakah isinya cukup memadai, silakan klik disini Review CV Gratis agar CV Anda di-review secara gratis / tanpa biaya oleh Indorecruiter.com. Jadi Anda bisa mengetahui kekurangan dan kekeliruan di dalam CV Anda.
Bila tidak ingin repot, Anda bisa minta dibuatkan CV / Surat Lamaran profesional, silakan klik Buatkan CV dan Surat Lamaran.

5. Datang tepat waktu saat interview.
Ketika Anda mendapat penggilan untuk interview, pastikan satu hari sebelumnya Anda sudah mengetahui lokasi / alamat interview dan cara mencapai lokasi tersebut. Lebih spesifik lagi, naik apa, lewat rute mana, kena macet dimana, dan perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai di lokasi. Datang terlambat akan memberikan kesan kurang profesional ("baru dipanggil interview saja sudah terlambat apalagi nanti kalau sudah bekerja"). Usahakan datang 15-20 menit sebelum jadual interview sehingga ada kesempatan memeriksa dan merapikan penampilan Anda, sambil menenangkan dan menyiapkan diri.

6. Hafal dan kuasai isi Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Anda.
Apa yang Anda tuliskan di dalam CV / Surat Lamaran akan ditanyakan. jadi tidak lucu apabila jawaban Anda berbeda dari tulisan di CV / Surat Lamaran Anda. Sediakanlah waktu satu hari sebelum interview untuk menghafalkan atau memahami isi CV / Surat Lamaran Anda. 

7. Pakaian dan penampilan rapi, perilaku profesional saat interview.
Pastikan bahwa Anda rapi, wangi, berpakaian pantas dan profesional / office look. Pewawancara tidak suka bila Anda kelihatan kusut, entah wajah Anda kusut karena sedang banyak pikiran, atau baju Anda lupa belum diseterika, atau (untuk pria) Anda lupa bercukur rambut / kumis / jenggot. Untuk wanita pastikan Anda berpenampilan rapi, wangi, dan feminin. Jangan mengenakan pakaian yang mengesankan Anda tomboy.

8. Menguasai jenis-jenis psikotest dan cara menjawabnya.
Ketika Anda diminta mengikuti psikotest, acapkali test-test yang diikuti cukup banyak / lengkap. Dari mulai test logika, test angka, EPPS, dan lain-lain. Anda dapat membaca jenis-jenis test dan strategi menjawabnya melalui www.indorecruiter.com


 

Lihat Semua Artikel