Kami menggunakan cookie untuk kenyamanan akses Website. Harap memberikan konfirmasi bila Anda menyetujui penggunaan cookie.


lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Kerja Indonesia | IndoJobNet.Com Login

Tips Melamar Buat Fresh Graduate

Dipasang: 18-12-2020
Kalau kamu Fresh Graduate dan baru mencari pekerjaan pertama, tentu ada rasa rendah diri ketika akan melamar lowongan pekerjaan. Apalagi bila di dalam iklan lowongan pekerjaan tidak dicantumkan 'untuk Fresh Graduate', sudah terbayang persaingan ketat dengan kandidat lain yang lebih berpengalaman. Ditambah lagi (sialnya) IPK kamu termasuk biasa saja atau malahan agak di bawah standard pelamar kerja. Hmmm .. udah kebayang berkas lamaranmu langsung direject, masuk kotak.

Tapi jangan minder dan patah arang dulu, Ini ada sedikit tips supaya HRD Perusahaan yang menerima lamaranmu masih mempertimbangkan, dan memberi kesempatan kamu untuk interview. 

1. Cari Kerja Magang atau Part-Time dulu
Pekerjaan Magang atau Part-Time bisa memberimu pengalaman suasana bekerja dan bagaimana menyelesaikan tugas serta berinteraksi dengan teman kerja. Ini juga bisa menjadi nilai tambah buatmu bila nanti melamar kerja di perusahaan lain.

2. Ikut serta jadi Relawan
Bila masih menganggur dan ada kesempatan ikut kegiatan sebagai relawan, jangan ragu untuk ikut serta. Relawan mungkin tidak mendapat honor atau gaji, tapi biasanya ada uang transport atau uang makan harian.  Yang penting disini buakn uangnya dulu, tetapi pengalaman untukmu.

3. Tuliskan Pengalaman Berorganisasi di dalam CV-mu
Jangan salah, HRD perusahaan memperhatikan juga kegiatanmu pada saat masih kuliah. Kalau kamu aktif di Organisasi, entah kemahasiswaan atau lainnya, apalagi pernah menjabat Ketua, Sekretaris, Bendahara, Koordinator dan lain-lain, akan menjadi salah satu nilai tambah untukmu.

4. Manfaatkan Benar-benar Jaringan Pertemanan maupun Kekeluargaan
Ini bukan kolusi atau nepotisme. Teman, Saudara, Oom, Temannya Papamu, Dosenmu, Dekanmu atau orang lain yang ada di jaringan kenalanmu, boleh jadi bisa merekomendasikan lowongan kerja yang cocok buatmu. Atau malahan merekomendasikanmu untuk jabatan pekerjaan di perusahaan tertentu. Jadi jaga baik-baik dan manfaatkan jaringanmu. Kadang-kadang informasi lowongan dengan ikatan dinas di BUMN atau instansi pemerintah justru beredar di jaringan ini, tidak muncul sebagai pengumuman resmi di media cetak maupun elektronik.

5. Gunakan Juga Jaringan Media Sosial
Jangan gunakan media sosialmu untuk hanya men-posting hal-hal yang tidak berguna. HRD Perusahaan bisa mengintipnya. Gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat, termasuk posting bahwa kamu lagi cari kerjaan yang cocok. Mana tahu ada teman di media sosial yang justru lagi bingung cari calon karyawan fresh graduate.

Nah, bila kamu sudah menggunakan tips di atas dan giliran dipanggil interview, jangan lupa dengan tips-tips mempersiapkan diri untuk interview. Semoga kamu segera dapat pekerjaan yang sesuai. Kalau belum, coba lagi dan coba lagi, dan tetap semangat. Ada banyak lowongan pekerjaan di luar sana untuk setiap orang yang mau berusaha. (adw)   

Lihat Semua Artikel