lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Terbaru untuk Pencari Kerja dan Perusahaan Login

SUDAH KIRIM LAMARAN, MENGAPA TIDAK DIPANGGIL INTERVIEW ?

Dipasang: 21-09-2017
Sebuah iklan lowongan tampil di suratkabar. Anda segera mengirimkan lamaran lengkap dengan CV. Ditunggu-tunggu, tidak juga ada panggilan interview.

CV / Lamaran Anda mungkin langsung 'dibuang' oleh HRD perusahaan yang Anda lamar. Mungkin dilirikpun tidak. Mengapa demikian ?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar CV / Lamaran Anda mendapat perhatian HRD dan dikelompokkan ke 'CV kandidat yang harus diinterview'.

Berikut ini hal-hal yang membuat CV/lamaran Anda gagal mendapat perhatian HRD perusahaan :

1. Data identitas, alamat, nomor telepon dan email Anda tidak valid.
Biasakan untuk memeriksa ulang data tersebut sebelum mengirimkannya. Jangan ada salah atau keliru sedikitpun.
Selanjutnya, Anda harus melakukan hal ini setelah mengirim CV / lamaran :
- handphone / telepon harus aktif, dan Anda harus 'standby' selalu untuk menerima panggilan interview. Panggilan bisa saja datang pagi, siang, sore, atau kadang-kadang seperti pernah saya alami, malam hari (antara jam 19 - 20).
- lakukan pengecekan inbox email Anda secara rutin

Dengan demikian, satu faktor penghambat sudah Anda amankan.

2. Lowongan yang Anda lamar tidak sesuai dengan pendidikan dan pengalaman kerja Anda.
Bila Anda lulusan Teknik, tentu saja jangan melamar lowongan General Manager Accounting kecuali Anda punya pengalaman kerja yang sangat ekstensif bidang Accounting.
Bila Anda saat ini masih level staff, tentu kurang bijak juga bila melamar pekerjaan dengan posisi sebagai General Manager. Terlampau jauh lompatannya.
Namun kadang-kadang HRD perusahaan juga membuat pengecualian khusus, misalnya Sales bidang asuransi atau multi finance, bisa saja dicari dari kandidat berlatar belakang Bank.

3. CV / Lamaran Anda sangat membosankan saat dibaca
Ya, ada teknik tertentu untuk menulis CV / Lamaran agar lebih menarik. Tentu saja tidak harus dengan 'melebih-lebihkan' kemampuan atau 'membual', namun ada cara khusus untuk menonjolkan nilai lebih diri Anda di CV. Ini yang disebut dengan 'memoles' CV Anda.

Format CV / Lamaran juga perlu diperhatikan. HRD perusahaan dapat menyimpulkan karakter, intelegensia, ketelitian, cara berpikir dan kemampuan berbahasa Anda (Indonesia maupun Inggeris) dari konten di CV Anda.

Peluang interview hilang bila CV / lamaran Anda dinilai buruk oleh HRD. Jadi pastikan Anda mengirimkan CV / Lamaran yang terbaik, format maupun kontennya.

Belum yakin dengan format dan konten CV Anda ?
Silakan konsultasikan dengan team kami melalui email cv@indorecruiter.com.

Dengan 'polesan' yang benar, CV Anda akan lebih menarik bagi HRD perusahaan,  sehingga akan lebih banyak peluang dipanggil interview.
 

Lihat Semua Artikel / Berita