lowongan, lowongan kerja, loker, lowongan online, kerja, portal lowongan, cari kerja, cari lowongan, cari lowongan kerja, lowongan kerja online, pasang iklan lowongan kerja, lihat CV Pencari Kerja, karir

Mendaftar Info Lowongan Terbaru untuk Pencari Kerja dan Perusahaan Login

CARA MENJAWAB 5 PERTANYAAN SULIT SAAT INTERVIEW

Dipasang: 03-07-2017
Selalu ada pertanyaan interview yang kelihatannya mudah, namun sebetulnya sulit untuk dijawab. Bila salah menjawab, Anda akan kehilangan peluang diterima bekerja di perusahaan itu selamanya.
Untuk lolos dengan baik dari interview, ada baiknya Anda mempelajari dan mempersiapkan jawabannya. Berikut ini contoh pertanyaan-pertanyaan sulit tersebut dan cara menjawabnya :

1. Apa saja kelemahan Anda ?
Nah, jangan menjawab dengan 'Saya tidak tahu' atau 'Saya rasa saya tidak memiliki kelemahan'. Lebih baik Anda sebutkan kelemahan yang tidak berakibat fatal (jangan menjawab misalnya "Saya sering tiba-tiba malas bekerja tanpa sebab"). Selain itu sampaikan juga apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut. Misalnya, "Saya ini kadang-kadang pelupa, tapi saya terbantu dengan selalu menyiapkan kertas catatan kecil yang saya bawa kemana-mana di saku saya".

2. Anda paling cocok dengan tipe atasan seperti apa ?
Bila Anda bekerja di perusahaan, Anda tidak bisa memilih tipe atasan. Jadi jangan katakan 'Saya cocok dengan atasan yang baik dan tidak galak", misalnya. Jawablah dengan diplomatis, misalnya "Selama ini saya bisa menyesuaikan diri dengan atasan dengan berbagai tipe. Saya pernah di dalam team yang atasannya galak sekali, tapi pernah juga dengan atasan yang selalu rajin membimbing. Semua atasan pasti ada kelebihan dan kekurangan, dan dalam bekerja saya berusaha menyesuaikan diri".

3. Kalau Anda seekor burung, burung apa yang menggambarkan diri Anda ?
Ini memang pertanyaan yang aneh, tapi pertanyaannya bisa berbentuk lain seperti "Bagaimana cara Anda menjelaskan warna merah ke seseorang yang buta / tidak dapat melihat". Pewawancara sebetulnya ingin menyelidiki lebih lanjut seperti apa pribadi Anda, atau bagaimana cara Anda beradaptasi, atau cara Anda mengatasi kesulitan di sekitar Anda.

4. Apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan ini ?
Ini penting : setiap akan berangkat wawancara jangan lupa untuk selalu membaca dan mempelajari perusahaan tempat Anda melamar kerja. Nama perusahaan, apa bisnisnya, berapa besar perusahaan itu, siapa direktur utamanya, dan seterusnya. Ketika muncul pertanyaan semacam ini, Anda bisa menjawabnya dengan baik dan mudah. Pertanyaan seperti ini antara lain untuk menyelidiki apakah Anda memang berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut, atau cuma iseng melamar saja.

5. Ada pertanyaan atau hal-hal yang Anda ingin tanyakan ?
"Ehm, tidak ada, rasanya cukup", itu adalah jawaban yang paling konyol untuk pertanyaan semacam itu. Anda harus menunjukkan minat dan antusiasme, misalnya dengan menanyakan rincian pekerjaan untuk posisi yang Anda lamar, kontribusi apa yang diaharapkan oleh perusahaan dari Anda, atau peluang jenjang karir pada posisi tersebut.

Bisa jadi ada pertanyaan sulit lain di luar apa yang sudah dibahas di atas, tetapi kuncinya adalah cobalah selalu menjawabnya secara diplomatis agar tidak 'menurunkan harga' atau 'menurunkan citra" Anda di mata pewawancara.

Selamat mengikuti wawancara dan sukses untuk Anda. (ben)
 

Lihat Semua Artikel / Berita